Spread the love

Bisnis menjadi salah satu bidang yang banyak sekali digemari oleh generasi muda saat ini. hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya mahasiswa yang memiliki jurusan bisnis sebagai bidang ilmu yang mereka pelajari. Terlebih dengan adanya internet saat ini, bisnis semakin berkembang pesat hingga ke wilayah digital. Penggunaan peralatan digital untuk menjalankan bisnis menjadi salah satu kemampuan yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan untuk memasarkan produk mereka melalui digital.

Perubahan Nyata Dunia Bisnis

Bagi pebisnis sendiri, belajar marketing digital memang sangat diperlukan, mengingat perubahan yang terjadi pada dunia saat ini bahkan lebih cepat dari yang kita bayangkan. Jika sebagai pelaku bisnis kita tetap kekeuh dengan cara lama, maka bisa dipastikan bisnis yang kita jalankan tidak akan bertahan lama. Mereka yang mengikuti perkembangan saja belum tentu bisa menang dalam bersaing, bayangkan saja mereka yang tidak mau mengikuti perubahan jaman. Oleh karena itu, bagi kita semua  yang menjalankan bisnis, mengetahui dan paham dengan perubahan yang terjadi sangat penting untuk perkembangan bisnis kedepannya. Namun, jangan sampai perubahan yang ada malah membuat ciri khas kita dalam berbisnis menjadi pudar.

Belajar Marketing Digital Untuk Pemula

Digital marketing berarti kita akan lepas dengan sistem pemasaran konvensional dan akan beralih pada pemasaran dengan sistem baru yang akan sangat bergantung pada teknologi, khususnya koneksi internet. Adanya teknologi canggih yang tersedia saat ini memang harus kita manfaatkan dengan maksimal. Ketika bisa memanfaatkannya dengan maksimal, maka kita bisa merasakan kemudahan keuntungan yang diberikan oleh teknologi tersebut. Berikut langkah-langkah singkat belajar digital marketing bagi pemula.

  1. Membangun niat belajar

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan menjalankan sesuatu adalah mengumpulkan niat yang matang. Belajar digital marketing juga membutuhkan niat dan minat yang tinggi agar bisa dilakukan dengan maksimal. Selain ada banyak teori yang harus dipelajari, belajar digital marketing juga bisa kita lakukan dengan melakukan pengamatan pada akun-akun brand terkenal di media sosial. Pahami dan pelajari bagaimana mereka mengiklankan produk, mulai dari cara mengambil foto, bagaimana caption yang digunakan, hingga interaksi mereka dengan konsumen di kolom komentar.

  1. Menciptakan image yang profesional

Dalam dunia digital marketing ada salah satu platform yang menjadi tolak ukur tingkat profesionalitas seorang pebisnis, yaitu pada LinkedIn. Pada platform ini, ada jutaan profesional dari berbagai bidang yang berkumpul. Dengan bergabung di platform ini, kita juga akan terpacu untuk membuat image yang baik dan profesional.

  1. Selalu Up to Date

Dunia digital berkembang dengan sangat cepat, bahkan suatu kejadian yang tak terduga bisa sangat mempengaruhi dunia. Contohnya saja terjadi kerusuhan di suatu Negara yang mengakibatkan penurunan ekonomi Negara tersebut dan mengimbas pada perekonomian Negara lainnya. Terlebih di bidang marketing yang bisa saja suatu waktu berubah. Oleh karena itu, stay up to date.

  1. Dalami satu bidang tertentu

Digital marketing adalah bidang yang sangat luas untuk dipelajari. Jika kita akan membangun suatu bisnis, maka kita perlu mempelajari sebanyak mungkin hal mengenai digital marketing. Namun akan lebih baik jika kita berfokus pada bidang tertentu, misalnya saja SEO, pembuatan konten, HTML, desain web, PPC atau bidang lainnya.

  1. Mulai membangun networking

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup dan bekerja seorang diri. Terlebih dalam menjalankan bisnis, kita tentunya membutuhkan rekan kerja atau partner yang bisa membuat bisnis kita semakin berkembang. Membangun relasi bisnis bisa kita lakukan dengan cara bergabung di grup-grup yang sesuai dengan bisnis yang kita jalankan. Membangun networking di dunia digital bisa dikatakan lebih mudah dilakukan ketimbang di dunia nyata. Hal tersebut dikarenakan kita bisa memanfaatkan media sosial yang ada saat ini untuk membangun networking yang sangat kita butuhkan.

  1. Bekerja sendiri atau untuk perusahaan

Menentukan untuk bekerja di perusahaan atau bekerja untuk diri sendiri yang berarti membangun bisnis sendiri memang membingungkan. Keputusan tersebut harus dipikirkan dengan matang dan persiapan yang sangat baik pula. Membangun suatu bisnis bukanlah perkara yang mudah, meskipun bisnis yang akan dijalankan termasuk bisnis kecil. Kedua pilihan tersebut memiliki resiko dan keuntungan masing-masing, jadi pikirkan dengan sebaik mungkin sebelum memutuskannya.

  1. Jangan cepat berpuas diri

Ingatlah selalu bahwa dunia digital akan selalu berubah dengan sangat pesat. Itu berarti, akan selalu ada inovasi-inovasi baru di dunia digital yang tidak boleh kita lewatkan jika ingin terus mempertahankan bisnis yang telah dijalankan. Meskipun demikian, kita juga tidak boleh berkecil hati karena digital marketing bisa dipelajari dengan baik selama niat dan kemauan kita sejalan. Jangan cepat berpuas diri ketika bisa bertahan di tengah persaingan yang kejam, jangan pula mudah menyerah ketika tertinggal dalam persaingan.